Mengenal Arti Di balik Warna Susu

susu


Saat kita bertamu ke rumah seseorang biasanya pemilik rumah akan menawari kita beberapa minuman yang diinginkan.

“Mau minum kopi? Teh? Atau air putih?”.

Ketika keputusan kita jatuh pada pilihan air putih, kenyataan menjadi tidak seperti yang diucapkan. Why? Karena yang datang ternyata bukanlah air berwarna putih, melainkan air berwarna bening. 

Uniknya di indonesia, hal ini sudah lumrah dan dianggap biasa oleh orang-orang pada umumnya.

Berbicara tentang air putih, seharusnya ‘susu’ lah yang menjadi sosok utama di balik ‘air putih’ itu. 

Karena, susu itu benar-benar berwarna putih dan tidak bening. Banyak orang yang tidak tahu persis kenapa sebenarnya susu murni itu berwarna putih. Kenapa susu berwarna putih?

Selain itu adalah takdir Tuhan yang maha Esa, susu berwarna putih karena adanya bagian-bagian renik seperti gumpalan lemak yang tersebar di dalamnya dan memantulkan cahaya sehingga terlihat putih.

Jika kita melihat warna yang tidak biasa pada susu, seperti biru, merah, atau kuning, bisa dipastikan bahwa di dalam susu tersebut terdapat sesuatu yang tidak alami. Tentu saja susu seperti itu tidak baik untuk dikonsumsi.

Bila anda menemukan susu murni berwarna biru, merah, atau kuning, maka waspadalah! Waspadalah!
bang napi

Warna biru pada susu murni terjadi akibat adanya bakteri bacteyanogenes yang tumbuh menjalani kehidupan di dalam susu tersebut. 

Awalnya mereka berbentuk seperti bintik biru pada permukaan atas susu. Kemudian bintik-bintik tersebut menyebar dengan cepat ke seluruh bagian susu sehingga susu pun berubah warna menjadi biru dan tercemar.

Warna biru pada susu murni juga dapat ditemukan pada proses pemisahan lemak dari susu atau mencampurinya dengan air. Warna susu akan berubah dari putih menjadi biru muda.

Sementara warna merah pada susu biasanya terjadi akibat bakteri bact-prodigiosum. Penyebab lain biasanya diakibatkan oleh proses pemerasan susu yang keliru. 

Proses tersebut menyebabkan darah yang muncul akibat radang pada susu hewan ternak terutama ketika dilakukan pemerasan dengan menggunakan alat. 

Sayangnya, alat-alat pemeras kadang tidak behenti memeras pada waktu yang tepat.

Dan warna kuning pada susu biasanya disebabkan oleh bakteri bernama bacil-sinxatus.
Susu murni yang memiliki kriteria seperti di atas perlu dihindari dari konsumsi manusia. Untuk bisa mengenalinya dengan mudah, bisa dilakukan uji coba terhadap susu dengan meletakkan setetes susu pada kaca warna yang kosong dan bersih, kemudian diperiksa pada tempat yang terang.

Sementara cara lainnya untuk mengetahui kealamian dan keamanan dari susu murni bisa diketahui dari aroma dan rasanya yang khas juga istimewa.

Cara Termudah Memalsukan Susu ; Oleh Para Oknum

Tidak ada komentar: