Manfaat Minyak Zaitun : Saat Kita Konsumsi 2 Sendok Per Hari

manfaat minyak zaitun

Zaitun termasuk tanaman yang semua bagian dari pohonnya dapat dimanfaatkan oleh manusia, mulai dari minyak, kayu sampai ke buahnya.

Buah zaitun memiliki kandungan sekitar 67% air, 23% minyak (zaitun), 5% protein dan 1% mineral. Diantara 1% mineral itu adalah kalsium dan besi.

Buah zaitun mempunyai keistimewaan tersendiri sampai bisa disebutkan oleh Allah di dalam Al-Quran surah at-Tin [95], ayat 1-2: "Demi (Buah) Tin dan (Buah) Zaitun ..." bahkan diterangkan juga di dalam ayat-ayat lainnya seperti surah 'Abasa:27-31, QS al-Mu'minun: 20, QS an-Nahl: 10-11 dan QS al-An'am: 141.

Begitu istimewanya buah zaitun sampai disebutkan beberapa kali di dalam kitab suci umat muslim seperti itu. Lalu apa istimewasnya buah zaitun?

Kali ini akan kami singkapkan tabir rahasia dibalik manfaat zaitun yang tidak banyak orang ketahui. Biarkan saya menunjukkannya kepada Anda.

Buah zaitun mengandung minyak yang di dalamnya terdapat vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin D. Minyak yang mengandung vitamin A dan vitamin B memiliki keistimewaan tersendiri. Karena sifatnya yang natural, minyak zaitun dikenal oleh bangsa arab karena kejernihan dan kebeningannya.

" ... yang minyaknya hampir-hampir menerangi walaupun tidak disentuh api ..." 
(QS an-Nur [24]: 35)

Minyak zaitun juga kaya dengan mineral dan unsur-unsur langka. kandungan lemak pada minyak zaitun sangat sedikit sekali jika dibandingkan dengan jumlah lemak pada minyak-minyak lainnya.

Sehingga minyak zaitun lebih baik dikonsumsi bersama makanan lain daripada minyak lainnya.

Minyak zaitun dapat menggantikan posisi minyak berlemak dan dapat bersaing dalam proses merubah makanan menjadi jaringan hidup (asimilasi). 

Sebenarnya, Tubuh manusia lebih memilih untuk memakai minyak tidak berlemak dibanding menggunakan minyak dan pelumas berlemak. 

Karena dengan begitu, tubuh dapat menjaga diri dari bahaya akibat kelebihan lemak yang menimbulkan berbagai penyakit, seperti kejang pada urat nadi, meningkatnya tekanan darah, penyakit nyeri dada yang mencekam (angina pertonis), dan berbagai penyakit kegemukan yang membahayakan.

Nabi Muhammad saw. bahkan pernah berwasiat tentang khasiat minyak zaitun, di dalam hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah r.a. "Makanlah minyak zaitun dan berminyaklah dengannya karena ia termasuk pohon yang diberkahi". (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Kita dapat mengenali minyak zaitun dari warnanya yang kuning pucat agak kehijauan, dan mempunyai bau istimewa, sedap serta tidak mudah hilang. 

Berikut adalah manfaat dari minyak zaitun menurut kedokteran di abad ini:
  1. Minyak zaitun dapat meringankan dan meningkatkan pembentukan empedu, merobek-robek batu ginjal atau kemih, dan mengobati penyakit gula. Caranya dengan meminum minyak zaitun 2 sendok per hari, di waktu pagi dan sore hari (sebelum tidur). Dapat pula ditambahkan perasan jeruk nipis.
  2. Minyak zaitun dapat digunakan untuk melumasi tubuh agar terlindung dari paparan sinar matahari.
  3. Minyak zaitun dapat digunakan untuk menghindari kerontokan rambut. Caranya dengan menggosok kulit dan rambut kepala menggunakan minyak zaitun di setiap sore, lalu menutupnya di malam hari dan mencucinya di pagi hari. Hal tersebut dilakukan selama sepuluh hari untuk hasil yang maksimal.
  4. Mengobati penyakit rematik atau peradangan pada tulang. Untuk mengobati pembengkakan sendi, dibuat obat gosok dari kepala bawang putih yang dilarutkan dalam 200 gram minyak zaitun. Setelah direndam selama dua atau tiga hari, lalu digosokkan beberapa kali pada bagian tubuh (sendi) yang terasa sakit.
  5. Minyak zaitun dapat digunakan untuk memelihara kecantikan kulit serta menghilangkan kerutan pada wajah dan leher. Caranya dengan mengoleskan campuran minyak zaitun, kuning telur, dan beberapa tetes perasan jeruk nipis (dibuat masker). Kemudian wajah dibersihkan dengan air hangat setelah menggunakan masker selama 15 menit.
  6. Mengobati pecah-pecah pada tangan dan kaki dengan mengoleskan minyak zaitun dan galeserin dalam takaran yang seimbang.
Buah zaitun sendiri termasuk makanan yang rasanya nikmat, disukai oleh setiap orang baik tua maupun muda.

Al-Quran telah bersumpah dengan buah zaitun dan menjadikannya rezeki yang baik bagi manusia. 

Suatu saat nanti akan ada penelitian yang lebih sempurna tentang buah zaitun, sehingga mampu menyingkap rahasia-rahasia yang terkandung pada buah zaitun yang belum pernah ditemukan oleh ilmu pengetahuan sebelumnya.

Sebagai penutup, berikut kami sajikan beberapa manfaat dari buah zaitun.

Buah zaitun dapat menguatkan perut besar, membangkitkan selera dan mengobati berbagai penyakit hati (liver). 

Jika dikunyah, daun zaitun dapat menghilangkan radang pada gusi dan tenggorokan karena mengandung perasan yang bisa membunuh bakteri di dalam peradangan.

Jika diiris-iris dan dibalutkan dengan air atau perasannya, bermanfaat untuk menyembuhkan luka-luka atau bisul.

Perasannya pun bisa digunakan sebagai infus, dengan memasukkan cairan ke dalam poros usus dan usus besar ketika terjadi luka pada bagian perut.

Orang-orang Mesir kuno sangat peduli terhadap kelestarian pohon zaitun, karena mereka mengetahui manfaatnya bagi kesehatan.

Itulah manfaat dari buah dan minyak zaitun yang tidak banyak orang ketahui. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: