Langkah Terbaik! Sebelum Konsumsi Susu Murni

Susu

Susu merupakan minuman dengan kadar gizi yang serupa dengan makanan utama dan terbaik bagi manusia. 

Meskipun menjadi yang terbaik, ternyata susu juga menjadi tempat yang paling baik bagi para bakteri untuk menjalani kehidupan.

Beberapa bakteri dan virus seperti dipteri dan tipoid dapat memasuki susu melalui perantara lalat, alat, tangan yang kotor dan lingkungan yang tidak bersih saat memeras susu.

Sementara bakteri TBC (Tuberkulosis) biasanya masuk pada kelenjar susu hewan yang berpenyakit.

Pertumbuhan bakteri dalam kandungan susu tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya bagi manusia.

Di beberapa negara maju seperti di daerah eropa dan new zeland, antisipasi terhadap bahaya yang mengancam masyarakat karena susu yang terkena polusi. 

Mereka mendirikan pos-pos otomatis berteknologi canggih untuk memeriksa, membasmi kuman, dan mengemas susu yang bebas dari pencemaran.

Sementara di negara Indonesia tercinta ini, masyarakat pada umumnya melakukan proses pemberantasan kuman penyakit dalam susu dengan pendidihan. Tepatkah cara seperti itu untuk memperoleh susu yang aman?

Jika kita memperhatikan, biasanya yang terjadi di rumah-rumah saat memanaskan susu di atas api sampai mendidih adalah membiarkan susu di tempat pendidihan sesaat setelah api dimatikan. 

Beberapa orang menganggap bahwa hanya dengan memanaskan susu di atas api sampai mendidih dan membiarkannya sudah bisa membunuh kuman dan bakteri dalam susu sehingga layak untuk diminum.

Sebenarnya, cara memanaskan seperti itu belum bisa memastikan bahwa susu aman untuk dikonsumsi. Karena terkadang panas yang didapat belum mencapai titik didih yang tepat. 

Dan terkadang tutup tempat mendidikan pun dapat mengandung kuman-kuman yang belum mati sehingga dapat kembali masuk kedalam susu saat proses pendinginan secara otomatis.

Untuk mengatasi hal tersebut, perlu diperhatikan langkah terbaik sebelum mengonsumsi susu agar lebih sehat dan aman. Berikut caranya:

1. Ketika mendidih, biarkan pergolakannya terus berlanjut untuk memecahkan lapisan yang ada secara bergantian.

2. Setelah mendidih, susu haru langsung didinginkan dan jangan dibiarkan dingin sendiri. karena hal tersebut dapat mengakibatkan bakteri yang suka menempel pada suhu panas masuk dan tumbuh ke dalam susu. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara meletakkannya pada tempat yang diisi air dingin.

Berikut adalah salah satu langkah terbaik yang bisa dilakukan sebelum mengonsumsi susu murni.

Baca juga :

Cara Termudah Memalsukan Susu ; Oleh Para Oknum
Mengenal Aroma dan Rasa dari Susu asli
Mengenal arti di balik warna Susu

1 komentar:

nadacagney mengatakan...

Gaggia Titanium Art and Gather Together to Make a Perfect Gather Together
Gather together into one cohesive, sophisticated and unique collectible titanium auto sales art titanium curling wand and design project citizen eco drive titanium watch to make titanium trim as seen on tv the ultimate t fal titanium gather identity.