Terapi Yumeiho : Metode Untuk Memperbaiki Tulang dan Otot Manusia

Yumeiho merupakan tehnik terapi yang berasal dari negara Jepang. Terapi Yumeiho berupa gerakan pemijatan dan penarikan yang sesuai dengan sistem gerak tubuh manusia pada umumnya. Biasanya Yumeiho dilakukan di atas matras, sehingga dapat memberi kenyamanan pada pasien dan memudahkan terapis untuk melakukan gerakan terapi dengan lebih leluasa. Secara teknis, Terapi Yumeiho ini memiliki kesamaan dengan Shiatshu Therapy dan massage Yoga Thailand. Dimana di dalamnya terdapat penekanan pada beberapa bagian otot, peregangan, serta penarikan sendi.

Terapi Yumeiho adalah terapi pijat yang dilakukan terhadap seluruh tubuh dengan tehnik yang dapat memberikan hasil terbaik bagi penderita gangguan muskuloskeletal. Gangguan muskuloskeletal adalah suatu kondisi yang membuat fungsi sendi, ligamen, otot, saraf, tendon, dan tulang belakang mengalami gangguan. Sistem muskuloskeletal melibatkan struktur yang mendukung anggota badan, leher dan punggung. Selama perawatan, terapis yumeiho akan menggabungkan tehnik penekanan khusus, peregangan, pijatan yang lembut dan dalam untuk menghilangkan rasa nyeri di tubuh pasien. Karena, Terapi Yumeiho merupakan perawatan tubuh secara menyeluruh yang menyeimbangkan sistem gerak otot dan tulang dengan lebih dari 100 tehnik penyembuhan.

Di beberapa negara, terapi ini dikenal juga sebagai "Metode untuk memperbaiki tulang pinggul, massage, dan akupresur" atau "Pijat khusus saionji Oriental", namun nama aslinya adalah Yumeiho.

Founder Terapi Yumeiho 
Masayuki Saionji

Saionji Masayuki

Terapi tanpa menggunakan alat disebut dengan 'Terapi Manual' dan termasuk ke dalam kategori 'Terapi Alami' (Terapi Tradisional). Mari saya jelaskan lebih banyak tentang Terapi manual. Sebagian terapi manual, ada yang menekankan terhadap penyesuaian kembali posisi kerangka tulang- seperti Kiropraksi, Osteopati, Seitaiho dan terapi lainnya. Sebagian lagi ada sekumpulan terapi yang mementingkan terhadap efek penyembuhan terhadap otot- seperti akupuntur dan massage. Terapi Yumeiho mirip dengan kelompok terapi pertama yang dirancang untuk menyesuaikan kembali posisi kerangka tulang, Hanya saja masih memiliki beberapa perbedaan dengan kelompok itu. 

Terapi Yumeiho adalah metode pembentukan dan pemijatan dengan tulang pinggul (sebagai dasar), sendi-sendi pinggul dan tulang belakang sebagai pusat dengan melemaskan otot-otot dan jaringan sel-sel organik sebagai tujuan utama. Sedapat mungkin terapi ini menormalisir tulang-tulang yang dislokasi, menghilangkan kekejangan dan kaku otot serta memperbesar kuantitas gerakan sandi. Dislokasi tulang pinggul bisa mengakibatkan dislokasi sendi-sendi tulang usus, membengkokkan tulang belakang, mengganggu peredaran darah dengan demikian menyebabkan berbagai penyakit. Jadi sangat perlu pembetulan tulang-tulang dislokasi (Saionji, 2011).

Itulah gambaran umum dari Yumeiho yang bisa menjadi salah satu referensi kita dalam menjaga kesehatan tulang dan otot. . Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar: