Rasanya Sepi Sekali ...

sepi sekali

Pernahkah kau merasa sepi saat berada dalam keramaian? Hidup ini begitu menggelikan untuk jiwa-jiwa yang merasa kesepian. Tak ada harapan nyata yang bisa dijadikan tujuan.

Terasa seolah semua yang terlihat dan terdengar adalah kepalsuan semata. Kehidupan memang tidak memberikan apa yang kita mau, justru apa yang kita butuhkanlah yang sebenarnya datang menghampiri.

Namun sayang sekali, hati manusia selalu gagal untuk memahami hal itu. Sebuah rahasia kecil yang jarang diketahui bahwa, 'Keinginan selalu lebih dekat pada nafsu, sementara kebutuhan lebih dekat pada hati yang jujur'.

Terlalu banyak keinginan yang tak terwujudkan. Artinya sangat banyak nafsu yang tak diberi makan. Manusia itu sangat mudah merasa kecewa. Bukan karena kebutuhan mereka tak tercukupi, tapi karena nafsu mereka tak terpenuhi.

Padahal hati mereka sadar pasti, bahwa itu hanya menenggelamkan manusia pada perbudakan kehidupan dunia. Seandainya manusia berani dalam bertindak, memilih kebutuhan dari pada keinginan nafsu, tentu hati mereka akan tenang.

Kegelisahan dan keresahan hati yang muncul di dalam dada mereka hanyalah buah dari keinginan yang diikuti.

Hawa nafsu selalu membimbing manusia menuju kesengsaraan, bahkan pada kenikmatan yang menipu. Sedikit sekali yang selamat dari kejahatannya.

Inilah dunia yang kita tempati, 'Bisa jadi apa yang kita anggap baik, ternyata buruk bagi kita. Dan bisa jadi apa yang kita anggap buruk, ternyata itu baik bagi kita'.

Sungguh nikmat sekali apabila manusia bisa memahaminya.

Tidak ada komentar: